Program IVID Resmi Diluncurkan

Spread the love

Jakarta, mediaempatbelas.com – Suksesnya Penyelenggaraan Pemilihan Umum membutuhkan kerjasama,dukungan dan pengawasan dari berbagai pihak yang saling bersinergi menciptakan suasana aman, damai dan transparansi dalam penyelenggaraan Pemilu.

Untuk mewujudkan itu semua,beberapa tokoh pemerhati penyelenggaraan Pemilu berinisiatif menciptakan program dan sistem yang dapat menunjang kinerja penyelenggara Pemilu. Hal tersebut diwujudkan dalam gelaran kendurian sekaligus perkenalan dan peluncuran lembaga, Indonesia Voter Initiative for Democracy (IVID) yang diselenggarakan pada Hari Kamis (21/09/2017) di Gedung Joeang 45, Menteng, Jakarta Pusat.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Bawaslu DKI Jakarta Mimah Susanti, sekaligus inisiator, Inisiator IVID Rikson Nababan, Mantan Ketua Bawaslu Bengkulu sekaligus inisiator IVID Saadah, Anggota KPU Hasyim Asyari, sekaligus inisiator, serta Ketua KPU Arief Budiman.

Gelaran juga diisi dengan peluncuran beberapa program andalan IVID, yaitu ;
1. SADAP (Sistem Informasi Data Pemilih)
2. SIDUKUN (Sistem verifikasi Dukungan)
3. SIPITUNG (Sistem Verifikasi Penghitungan dan Rekapitulasi Suara)

Dalam acara tersebut dibahas juga berbagai permasalahan data pemilih sebagaimana temuan SADAP dan perbedaan hasil upload C1 sebagaimana temuan SIPITUNG.

Ketua KPU Arif Budiman dalam sambutannya mengatakan Kami merasa senang karena semakin banyak partner penyelenggara pemilu, untuk memberi banyak catatan untuk penyelenggara pemilu, karena kalo banyak partner dari luar tentu akan memberi masukan,kritik, saran yang dapat mendorong KPU untuk memperbaiki kinerjanya.

Mudah-mudahan peresmian dan penyelenggaraan kali ini bisa langsung bekerja dan memberi masukan serta dapat segera dilaksanakan oleh KPU.ungkapnya menutup kata sambutan.

Sementara itu,menurut Rickson Nababan, sistem yang dibangun oleh IVID ini membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak, baik masyarakat maupun penyelenggara Pemilu agar sistem tersebut dapat berjalan secara maksimal.
“Sistem kami ini tidak bisa terlaksana dengan baik jika tidak didukung dengan kerjasama yang baik dari Penyelenggara Pemilu”.ungkapnya (D/Y)

Tinggalkan Balasan