Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi Melawan Radikalisme, Serentak Pada 28 Oktober 2017

Spread the love


Jakarta, mediaempatbelas.com, Bertempat di bilangan Cikini Jakarta Pusat, Jumad (05/10/207) sejumlah Panitia pengarah dan Pelaksana Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi Melawan Radikalisme, antara lain Prof. Dr H. Zainal Abidin,Mag, Dr. Maruarar Siahaan,SH.MH, Prof.Drs.H.M.Shirozi,Ph.D, Dr.Ida Bagus Radendra S, SH, M.Hum, Indahwan Suci Ning Ati, SH.MH dan DR.Drs.M.Sayuti Enggok, menggelar konfrensi Pers guna menyampaikan rencana Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi Melawan Radikalisme yang akan dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober mendatang.

Pertemuan Pimpinan Perguruan Tinggi se-Indonesia pada 25-26 September lalu di Bali,yang diikuti lebih dari 3.000 pimpinan PT dan ditutup oleh Presiden Jokowi, telah menghasilkan sejumlah rekomendasi dan program tindak lanjut, diantaranya kesepakatan untuk menggelar aksi kebangsaan perguruan tinggi melawan radikalisme secara serentak di seluruh Indonesia pada 28 Oktober 2017 mendatang, bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda.

Gelaran acara dalam bentuk kuliah akbar dan orasi kebangsaan, serta pembacaan Deklarasi PT Melawan Radikalisme, rencananya akan diadakan di 350 kabupaten/kota pada 34 propinsi dengan melibatkan 4,5 juta peserta, terdiri dari pimpinan perguruan tinggi dan civitas akademika baik mahasiswa,dosen,serta staf di perguruan tinggi, dengan mengundang atau melibatkan banyak pihak lain baik dari pemerintah maupun tokoh yang se-ide dan se-tujuan menjaga Indonesia dari Isu SARA,kebencian,fitnah dan adu domba, berkomitmen menjaga kebhinekaan,pancasila dan NKRI.

Tujuan strategis dari acara ini adalah: pertama ; mempertegas sikap perguruan tinggi se-Indonesia bersama civitas akademika di masing-masing kampus untuk melawan radikalisme dan intoleransi, serta menjadi benteng bagi Pancasila, UUD 1945,Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.
Kedua ; mensosialisasikan secara lebih luas dikalangan ivitas akademika khususnya dan pada masyarakat secara umum, mengenai isi Deklarasi Kebangsaan Perguruan Tinggi Melawan Radikalisme, untuk secara bersama diaktualisaikan secara nyata dan kongkrit dalam kehidupan bernegara, berbangsa dan sosial kemasyarakatan dengan berlandaskan semangat Tri Dharma Perguruam Tinggi.

Untuk wilayah DKI Jakarta, kegiatan ini akan dipusatkan di lapangan Monas atau Lapangan Banteng dan sementara di daerah lainnya akan dilakukan dengan pilihan tempat yang sesuai dengan kondisi objektif dan sybjektif masing-masing wilayah.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi spirit bagi kalangan pemuda mahasiswa di perguruan tinggi untuk merebitalisasi kembali nilai-nilai dan semangat Sumpah Pemuda agar dapat diaktualisasikan dalam.kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai modal bersama mewujudkan Indonesia yang aman,adil,makmur dan sejahtera.

Tinggalkan Balasan