Pos TNI AL Kendawangan Lantamal XII Laksanakan Giat Komunikasi Sosial TNI AL Dengan Masyarakat Nelayan

Spread the love

Jakarta,MEB – Pos TNI AL (Posal) Kendawangan Lantamal XII Pontianak , Selasa (13/03) melaksanakan komunikasi sosial secara langsung kepada para nelayan tradisional Kendawangan di Dermaga Sentap Kendawangan Kalimantan Barat.

Sosialiasasi disampaikan langsung oleh Komandan Posal Kendawangan Letda Laut (P) Heri Widakdo menyampaikan paparan tentang cara melestarikan lingkungan dengan menjaga kelangsungan hidup ekosistem laut serta menjaga kebersihan lingkungan disekitar pelabuhan, fungsi Posal dan Posmat sebagai wadah bagi masyarakat nelayan dan dianjurkan untuk warga nelayan membuat kelompok kerja atau paguyupan serta menyampaikan tentang kebijakan Pemimpin TNI AL tentang pertahanan dan keamanan laut di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), wilayah kerja Lantamal XII serta tugas fungsi Lantamal XII dan wawasan kebangsaaan hukum laut.

Kegiatan komunikasi sosial Pos TNI AL Kendawangan dengan masyarakat nelayan sangat berguna untuk memelihara dan meningkatkan hubungan yang sinergis guna memberikan pemahaman arti pentingnya pertahanan Negara serta meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat demi tercapainya ketahanan nasional di wilayah kerja Lantamal XII dan membangun karakter bangsa guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain melaksanakan Sosialisasi Pos TNI AL Kendawangan juga menyampaikan sosialisasi tentang penggunaan alat keselamatan pelayaran dengan menggunakan Life Jacket (Pelampung) dan juga rutin melaksanakan  patroli terbatas dalam rangka menjaga kemanan dan mengantisipasi masuknya narkoba lewat jalur laut sekaligus penertiban surat-surat kapal dan juga kerap berkoordinasi dengan instansi samping seperti Tim Search And Rescue (SAR). Hal ini tentu agar bisa memberikan pertolongan kepada korban dengan cepat dan secara aktif terlibat dalam aksi tanggap bencana maupun penyelamatan di wilayah perairan Kendawangan Kalimantan Barat. (rls)

Tinggalkan Balasan