Dandim Tangerang Memberi Materi Pengamanan VVIP kepada Prajurit Kodam Jaya/Jayakarta


Jakarta,MEB – Kodam Jaya/Jayakarta merupakan satu-satunya Komando Kewilayahan setingkat Kodam yang melakukan kegiatan Pengamanan Waskita/VVIP setiap hari sepanjang Tahun, tegas Dandim Tangerang Letkol Inf Gogor kepada ratusan prajurit jajaran Kodam Jaya/Jayakarta yang sedang mengikuti Latihan Pengamanan VVIP Kodam Jaya TA 2018 di Rindam Jaya, pada hari Jumat (13/4).

Kodam Jaya/Jayakarta sebagai kotama kewilayahan yang terletak di ibu kota negara, dimana Jakarta merupakan tempat Presiden dan Wakil Presiden bertinggal. Tentunya hal ini menjadi bagian tugas pokok TNI khususnya Kodam Jaya/Jayakarta dalam pengamana VVIP. Hal ini sesuai dengan UUD no. 34 Pasal 7 ayat 2 tentang tugas pokok TNI pada Operasi Militer Selain Perang ( OMSP ) yaitu mengamankan Presiden dan Wakil Presiden.

Sejalan akan hal tersebut, guna terus melatih dan mengasah kemampuan prajurit Kodam Jaya/Jayakarta dalam pengamanan VVIP, Kodam Jaya/Jayakarta melaksanakan kegiatan Latihan Pengamanan VVIP Kodam Jaya/Jayakarta TA 2018 di Mako Rindam Jaya, yang akan berlangsung dari tanggal 13, 16-19 April 2018. Adapun Tema Latihan adalah ” Komando Operasi Pengamanan VVIP Kodam Jaya/Jayakarta Melaksanakan Operasi Pengamanan VVIP Di Wilayah Kodam Jaya/Jayakarta Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”.


Meskipun Kodam Jaya/Jayakarta sudah sering dalam waktu yang lama melaksanakan pengamanan VVIP, tetap saja dalam pengamanan VVIP itu harus dianggap sebagai Operasi Baru, jadi tidak bisa dianggap pekerjaan rutinitas biasa, meskipun sering melaksanakan kegiatan pengamanan VVIP. Karena dalam pengamanan VVIP hari, waktu, tempat dan objek selalu berbeda dan tidak sama, serta pengamanan VVIP tidak bisa diulang kembali bila sudah terjadi kejadian yang mengancam keselamatan Objek VVIP, tutur Mantan Danden Pampri Presiden Jokowi.

Latihan Pengamanan VVIP Kodam Jaya TA 2018 di awali dengan pengarahan dari Kolonel Inf Handoko Kabaglat Rindam Jaya yag juga sebagai Kawasdal dalam Latihan ini. Selama Latihan ini, para peserta latihan tidak hanya menerima materi teori tentang Pengamanan VVIP di Makorindam tapi juga akan melakukan aplikasi d Lapangan seperti di Bandara Halim Perdana Kusuma, Stadion GBK Senayan, Pantai Mutiara dan lain-lain.

Selain mendapatkan materi dari Dandim Tangerang, para peserta latihan pun menerima pembekalan materi dari Mayor Inf Habli Aufa Wadanyon Mekanis 201/JY, Mayor Inf Sisriyanto Pasi Ops Korem 051/Wkt, Letkol CKM dr. Agus Saptiady, Sp. An dokter Anastesi Rumkit tingkat II Moch Ridwan Maureksa Kesdam Jaya dan Lettu Czi Sefanye Banik Danton Jihandak Denzipur 3/ATD.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *