Semarak Peringatan Hut Ke-73 TNI AL

Spread the love

Jakarta,M14-Bertempat di Dermaga Pondok Dayung Koarmada I, Jakarta Utara,diselenggarakan puncak acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 TNI Angkatan Laut yang dipimpin langsung oleh Kepala Staff Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji,SE,MM pada Senin (10/09) hari ini.

Thema yang diusung kali ini adalah “Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun Bangsa Guna Mewujudkan Kesejahteraan Melalui Laut”. Peringatan Hut kali ini melibatkan 1.375 personel dari Markas Komando (Mako) Koarmada I, prajurit KRI jajaran Koarmada I, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Korps Marinir, Sekolah Staff dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) serta Pusat Hidrografi dan Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal).
Sejarah hari jadi TNI Angkatan Laut, dimulai pada saat Pemerintah Republik Indonesia mendirikan Badan Keamanan Rakyar Bagian Laut (BKR Laut) yang diprakarsai oleh mantan anggota Koninklijke Marine guru dan murid Sekolah Pelayaran Tinggi, Sekolah Pelayaran Rendah, pegawai dari Jawa Unko Kaisha, Kaigun Heiho dan pemuda pecinta laut lainnya. Pembentukan BKR Laut inilah yang akhirnya menggetarkankan organisasi dan perkumpulan kemaritiman di Tanah Air untuk membentuk BKR Laut di daerah-daerah. Oleh karena itu, untuk menghormati jasa para pendiri BKR Bagian Laut, maka tanggal 10 September 1945 ditetapkan sebagai hari lahir Angkatan Laut yang selanjutnya diperingati sebagai hari lahir TNI Angkatan Laut.
Dalam Peringatan HUT Ke-73 TNI Angkatan Laut juga dilaksanakan penyematan tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI dan XXIV tahun. Selain itu juga menampilkan demonstrasi, upacara parade dan defile yang melibatkan pasukan upacara yang terdiri dari satu unit Korsijk gabungan Mabesal, Lantamal III Jakarta dan Lanmar Jakarta, kelompok Panji TNI AL, 1 satuan Setingkat Kompi (SSK) Perwira Gabungan (Pamen dan Pama) dari Mabesal, Kormar dan Kolinlamil, 1 Satuan Setingkat Batalyon (SSY) Gabungan dari Puspomal dan Kowal, 1 SSY Bintara gabungan dari Koarmada I dan Kolinlamil, 1 SSY Tamtama Gabungan dari Dislambir dan Puspenerbal, 1 SSY Marinir dari Kormar, 1 SSY Gabungan Kopaska dan Taifib, 1 SSY gabungan Kompi PNS dan Kompi Gabungan Saka Bahari, Siswa Hang Tuah dan SMK Pelayaran Hang Tuah.
Dalam memperingati hari jadinya kali ini, TNI Angkatan Laut juga menampilkan demonstrasi Beladiri Gabungan yang terdiri dari : Kopaska Martial Art Koarmada I, Aikido Kopaska Koarmada I, Tim Karate Koarmada I, Jiu Jitsu Dislambair Koarmada I, Beladiri Marinir, Pushidrosal Self Defence, Pencak Silat Panglikur, Taekwondo N-Lions. Serta unsur KRI dan Ranpur Marinir antara lain : KRI Banjarmasin Satlinlamil Surabaya, KRI Rigel Pushidrosal, KRI Todak dan KRI Halasan Satkat Koarmada I, KRI Jhon Lie dan KRI Bung Tomo Satkor Koarmada I, 4 unit Vampire, 2 unit RM 7 Grad, 2 unit Nurinko, dan 4 unit BTR 4.
Pada kesempatan ini juga digelar Naval Base Open Day dengan kegiatan pameran alutsista TNI AL yang menampilkan kapal perang, kendaraan tempur (ranpur) Marinir dan Helly TNI AL. Selain itu juga digelar demo terjun payung oleh penerjun dari Kopaska dan Marinir serta panggung hiburan dan bazaar yang dibuka untuk masyarakat umum. (yameen)

Tinggalkan Balasan