KPUD Provinsi DKI Jakarta Melaksanakan Monitoring Pelaksanaan Coklit Data Pemilih Pemilu 2024

Spread the love

Jakarta, Med14 – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi DKI Jakarta, pada sabtu (18/02/2023), melaksanakan kegiatan monitoring pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih Pemilu 2024 di kawasan padat penduduk dan kawasan elit dalam wilayah Jakarta Pusat.

Mewakili KPUD Provinsi DKI Jakarta, Partono mengungkapkan bahwa data hasil rekapitulasi jumlah pemilih dan Tempat Pemilihan Suara atau TPS adalah sebagai berikut ;

1. Untuk Jakarta Pusat, pemilih (L dan P) 833.174, jumlah TPS 3.109.

2. Jakarta Utara, pemilih 1.355.841, jumlah TPS 4.849.

3. Jakarta Barat, pemilih 1.916.963, jumlah TPS 7.168.

4. Jakarta Selatan, pemilih 1.774.640, jumlah TPS 6.704.

5. Jakarta Timur, pemilih 2.398.701, jumlah TPS 8.773.

6. Kepulauan Seribu, pemilih 2.986, jumlah TPS 80.

Untuk pemilih pemula khususnya yang baru berumur 17 tahun dan belum menerima e KTP fisik, menurut Partono, akan dilakukan pencocokan data sesuai data yang terdapat dalam kartu keluarga.

“Apabila belum menerima blanko E- KTP maka akan dicocokkan dengan data Kartu Keluarga asal pemilih” ujarnya

Untuk memantau secara langsung kegiatan Coklit, Pihak KPUD DKI Jakarta bersama awak media mendatangi langsung ke titik-titik daerah proses coklit data pemilih Pemilu 2024.

Partono menghimbau dan berharap partisipasi masyarakat dalam kegiatan coklit yang dilakukan oleh petugas Pantarlih


“Kita akan melihat bagaimana petugas kita pantali kita melakukan pencocokan dan penelitian, kami berharap warga DKI Jakarta semuanya dan mungkin juga seluruh Indonesia membuka pintu kepada petugas kami yang melakukan proses coklit” himbaunya.

Lebih lanjut Partono menjelaskan bahwa kegiatan ceklit ini sekaligus untuk memastikan keabsahan data pemilih

“Agar dipastikan semua warga DKI Jakarta yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih terdaftar kemudian juga memastikan semua pemilih yang tidak memenuhi syarat sebagai pemilih kita akan hapus dari daftar pemilih” jelas Partono didampingi Ahmad Dahlan Anggota KPU Kota Jakarta Pusat, Safari dan Kusmira Darmawati Petugas Pantarlih Kelurahan Paseban,Kecamatan Senen Jakarta Pusat.

Saat meninjau wilayah RT.12/RW 02 Kelurahan Paseban, Kecamatan Senen, nomor TPS 023, pihak KPUD Provinsi DKI Jakarta melakukan pengecekan coklit baik secara manual maupun melalui aplikasi serta menempelkan stiker sensus pemilih.

Selanjutnya kegiatan ceklit dilanjutkan ke RT 001, RW 007 Kelurahan Paseban Jakarta Pusat

Burhanuddin dari pihak Bawaslu DKI Jakarta mengatakan bahwa sampai sejauh ini pihak Bawaslu terus memantau data pemilih

Tinggalkan Balasan