Topping Off, Gedung Fakultas Teknik IDE Target Maret 2024 Selesai

Spread the love

Depok, MED14 – Pembangunan gedung Integrated Teaching Laboratory and Workshop merupakan upaya FT UI untuk menciptakan dan menyatukan laboratorium penelitian dan pendidikan yang terintegrasi, nyaman, modern dan memudahkan dilakukannya penelitian lintas disiplin di FT UI.

Hal ini dilakukan untuk menjawab tantangan di bidang sains dan teknologi di masa depan. Terutama dalam peningkatan jumlah dan kualitas riset, serta sebagai upaya mewujudkan UI sebagai World Class Research University.

Beberapa waktu yang lalu Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) melaksanakan groundbreaking seremoni pembangunan Gedung Interdisciplinary Engineering (IDE) di Gedung IDE, FTUI, Kampus Depok, Jawa Barat, Selasa (6/6/2023).

Gedung IDE ini menjadi rumah bagi pengembangan keilmuan, riset inovasi, dan juga pendidikan keteknikan yang sifatnya interdisiplin,” kata Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Heri Hermansyah Kampus UI Depok Senin (15/1)

“Gedung ini akan menjadi arena bagi hampir dari 8.000 mahasiswa serta 300 dosen dan peneliti FTUI untuk dapat mengembangkan keilmuan, belajar, riset inovasi, maupun mengerjakan pengabdian masyarakat lainnya untuk mewujudkan FTUI yang unggul dan berdampak,” jelas dia.

Sementara dari PT PP Urban menjelaskan , Gedung IDE FTUI akan dibangun dengan tinggi 8 lantai dengan luas 6.958 meter persegi. Gedung itu mengadopsi konsep green building yang efisien dalam penggunaan energi, udara, pencahayaan, dan sirkulasi udara.

Sebagian bahan bangunan gedung pun terdiri dari material dari bahan daur ulang dan kayu ramah lingkungan bersertifikat. Gedung IDE FTUI akan dilengkapi dengan ruang ekshibisi, studio capstone design, auditorium, ruang kelas, dan kantor program studi interdisiplin, ujar Dian (Dir Ops) yang di dampingi Anton (komisaris PT PP Urban)

Beberapa laboratorium penelitian interdisiplin juga akan ditempatkan di sini, seperti Urban Nexus and Smart City Lab (laboratorium pengembangan kota cerdas), Sustainable Energy Systems Lab (laboratorium pemodelan sistem energi baru dan terbarukan), Energy Transition Lab (laboratorium terkait transisi energi), Biological Systems Engineering Lab (laboratorium pemodelan interaksi sistem biologi), serta Advanced Bio Engineering Lab (laboratorium maju rekayasabiologi).

Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) dihadapkan pada tantangan bagaimana dapat menghasilkan lulusan yang mampu menghadapi kompetisi global.

Kedepannya, permasalahan yang dihadapi akan semakin kompleks dan memerlukan pendekatan multi serta interdisiplin untuk menjawabnya.

Pengembangan produk teknologi dari suatu disiplin ilmu tidak dapat lagi dilakukan sendirian, namun memerlukan pendekatan kolaboratif multidisiplin.

Hadir pada kegiatan tersebut diwakili oleh Sekretaris Majelis Wali Amanat Corina DS Riantoputra, M.Com., Ph.D., Psikolog, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, Dekan FTUI Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng. IPU. dan Direktur Operasi PT PP Urban Dian Adi Cahyono.

Tinggalkan Balasan