Revitalisasi Pasar Jatirawasari dan Pasar Cilincing Signal Jakarta Jadi Kota Global

Spread the love

Jakarta, MED14 – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan sekaligus secara simbolis kedua pasar tersebut, Rabu 7/2/2024.
Diresmikannya kedua Pasar ini dalam rangka meningkatkan kenyamanan, kebersihan dan keamanan bagi para pedagang usaha kecil maupun menengah, pedagang lokal dan juga bagi warga sekitar yang akan berbelanja.

Walaupun terkesan dalam peresmian pasar ini yang berada di wilayah jalan Mardani raya Cempaka putih Jakarta pusat ini berlangsung sangat singkat, dan hasil pantauan kami para media yang turut hadir kebingungan karena Pejabat (PJ) Gubernur Heru Budi Hartono beserta Stacholder jajarannya langsung pergi tanpa diberi kesempatan berkeliling untuk menyapa para pedagang binaan di dalam pasar tersebut.

“Kenapa yaa kok kami tidak di tegur sapa pak gubernur dan para pejabat lainnya tapi langsung pergi begitu saja.’ keluh (Red) beberapa pedagang kios kopi dan makanan.

Tampak terlihat hadir dalam acara peresmian Pasar Jatirawasari Mardani Kecamatan Cempaka Putih Jakarta pusat, Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin dan Kepala Dinas PPKUMK DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo.

Dalam sambutannya Pejabat (Pj) Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono memberikan penjelasan bahwa revitalisasi kedua pasar tradisional ini bisa memberikan peluang baru bagi para pedagang dan pelaku usaha lokal untuk bisa berkembang, terutama menjelang hari raya bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah. Revitalisasi pasar ini juga ada berbagai fasilitas yang menunjang kebutuhan para penyandang disabilitas.

“Kedua pasar ini dibangun dengan lebih memperhatikan kebutuhan dan aspirasi dari warga. Ini dapat meningkatkan konsep pembangunan yang ramah terhadap difabel, desain yang modern, fasilitas yang lengkap, dan ruang yang nyaman, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang ideal untuk berbagai aktivitas perdagangan,” ujar Heru kepada rekan-rekan media.

Pesan dan himbauan Pejabat (PJ) Gubernur Jakarta ini juga disampaikan dalam sambutannya agar seluruh pihak, baik pengurus, pedagang, maupun pengunjung pasar untuk selalu menjaga kebersihan, kerapian, dan kenyamanan pasar yang telah direvitalisasi tersebut.
 
“Kepada seluruh pengguna pasar, kami menghimbau untuk terus menjaga lingkungan di sini agar tetap asri dan enak dipandang. Karena itu bisa menghadirkan suasana yang kondusif saat berlangsungnya aktivitas perekonomian,” ucapnya.

Sementara itu, Manajer Hubungan Masyarakat PD Pasar Jaya Agus Lamun dalam sambutannya, ini dapat membantu perekonomian lokal, ketersediaan bangunan pasar tradisional ini diharapkan dapat menjadi jendela bagi wisatawan lokal maupun internasional untuk memahami serta merta kehidupan sehari-hari masyarakat atau warga kota Jakarta.
 
“Ini juga dilakukan sebagai bentuk upaya memperindah dan mempercantik area pasar untuk menarik pengunjung agar pasar kembali ramai dan perekonomian pedagang menjadi lebih baik dan selalu dijaga kebersihannya.” jelas Agus. (Red)

Tinggalkan Balasan