ANTAM Bagikan Dividen 100% Dalam RUPS Tahunan Tahun Buku 2023

Spread the love

Jakarta, MED14 — PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM: IDX: ANTM ; ASX: ATM), anggota PT Mineral Industri Indonesia (Persero) (MIND ID) – BUMN Holding Industri Pertambangan, konsisten membukukan kinerja positif guna mendukung pengembangan industri tambang dan kontribusi kepada negara. Hal ini tercermin dari capaian sepanjang periode tahun 2023 (FY23), dimana Perusahaan mencatatkan nilai penjualan bersih sebesar Rp41,05 triliun dengan kontribusi dominan berasal dari penjualan bersih domestik sebesar Rp35,37 triliun atau setara 8696 dari total penjualan bersih ANTAM periode FY23.

Perusahaan juga secara proaktif memperkuat basis pelanggan di dalam negeri pada produk-produk emas, bijih nikel dan bijih bauksit. Pada periode FY23, produk emas menjadi kontributor terbesar penjualan ANTAM dengan proporsi 64Y6 terhadap total penjualan ANTAM dengan nilai penjualan sebesar Rp26,12 triliun. 

Pada FY23, ANTAM mencatatkan total volume produksi logam emas dari tambang Perusahaan sebesar 1,21 ton, sementara itu penjualan logam emas pada FY23 mencapai 26,13 ton. ANTAM konsisten mendorong strategi pengendalian biaya, serta optimalisasi kinerja produksi dan penjualan produk dari komoditas utama berbasis nikel, emas dan bauksit di tengah tantangan global yang mempengaruhi fluktuasi harga komoditas.

Dalam sesi jumpa pers, Direktur Utama ANTAM, Nico Kanter mengungkap sejumlah kemajuan dan prestasi yang diraih perseroan selama tahun buku 2023

“Kami juga berterima kasih kepada seluruh shareholder khususnya MIND ID sebagai induk holding yang senantiasa mendukung Perusahaan untuk terus membukukan kinerja positif secara berkelanjutan. ANTAM senantiasa konsisten dalam memperkuat lini operasional dengan tetap mengimplementasikan prinsip kaidah good mining practice dan operation excellence. Pada penyelenggaraan RUPS Tahunan ini, Perusahaan juga melakukan pembagian dividen sebagai komitmen daam memberikan nilai tambah yang optimal bagi seluruh stakeholder, ANTAM berkomitmen tetap membukukan kinerja positif secara berkelanjutan ke depannya.” ungkap Dirut.

Perusahaan telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 yang diselenggarakan di Ruang Sumba, Hotel Borobudur Jakarta, pada tanggal 8 Mei 2024.

RUPST menyetujui penetapan penggunaan laba bersih Tahun Buku 2023 yang dapat diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk Perusahaan sebagai dividen seluruhnya atau 10096, sebesar Rp3,08 triliun.

Para pemegang saham Perseroan telah menyetujui usulan keputusan dari MIND ID terkait Perubahan Susunan Pengurus Perseroan. Dalam RUPST ini, telah diberhentikan dengan hormat Ibu Elisabeth RT Siahaan sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko. Dewan Komisaris dan Direksi ANTAM mengucapkan terima kasih kepada Ibu Elisabeth RT Siahaan atas dedikasi dan dukungannya kepada ANTAM selama menjabat sebagai an Direksi ANTAM. Dalam RUPST ini, para pemegang saham menyetujui untuk mengangkat “Arianto Sabtonugroho sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko. (Red/rlz/DA)

Tinggalkan Balasan