ICI 2024 Wadah PERKOSMI Hubungkan Pelaku Bisnis Kosmetik

Spread the love

Jakarta, MED14 – Untuk ke 13 kalinya, Perkosmi menggelar Pameran Produk kosmetik guna menghubungkan para pelaku bisnis Kosmetik maupun dengan konsumen agar dapat mengenal lebih dalam bahan baku dan produk kosmetik yang berkembang pesat saat ini yaitu 10,6%, dari 913 perusahaan di tahun 2022 menjadi 1.010 di pertengahan tahun 2023.

Melihat potensi tersebut, Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (PERKOSMI) kembali menyelenggarakan Indonesia Cosmetic Ingredients (ICI) Expo and Seminar di tahun 2024 dengan tema “Innovation and Formulation Trend to Support the Rapid Growth of Indonesian Cosmetic Market” atau Tren Inovasi dan Formulasi untuk Membantu Pertumbuhan Pasar Kosmetik Indonesia yang Sangat Pesat.

“Sudah 47 tahun PERKOSMI terlibat aktif dalam memajukan industri kosmetika tanah air baik skala usaha kecil hingga skala besar nasional maupun multinasional. Kami memberikan wadah bagi kemajuan semua anggota kami serta dukungan yang diperlukan untuk meningkatkan daya saing industri kosmetika di Indonesia. Salah satunya melalui acara Indonesia Cosmetics Ingredients (ICI) Expo and Seminar yang kembali kami selenggarakan sebagai wujud nyata Perkosmi dalam menjembatani secara langsung pertemuan semua pemangku kepentingan dalam  industri kosmetika baik pemilik brand kosmetika, industri penyedia bahan baku, kemasan, mesin, lembaga pemerintah, universitas dan juga seluruh masyarakat yang berkaitan dengan kosmetika. ,” ujar Ketua Umum Perkosmi, Sancoyo Antarikso pada Rabu (29/05/2024) di JIEXPO Kemayoran Jakarta.

Tahun ini, ICI diikuti lebih dari  200 perusahaan dalam dan luar negeri; menampilkan 453 stan pameran. ICI juga menyediakan stan tidak berbayar bagi 14 stan instansi Pemerintah dan Universitas serta 30 stan produk jadi sebagia besar UKM mewakili berbagai Pengurus Daerah Perkosmi. 

“Tahun ini, PERKOSMI berbahagia dapat kembali menyelenggarakan ICI untuk semakin meningkatkan industri kosmetika di Indonesia, tidak hanya bagi konsumen, namun juga untuk produsen, distributor, dan semua pemangku kepentingan yang terlibat didalamnya. ICI 2024 digelar lebih besar dari sebelumnya, terlihat dari jumlah partisipan yang terus meningkat di setiap penyelenggaraannya. Setiap tahun kami juga meningkatkan target pengunjung ICI, dan tahun ini kami menargetkan sebanyak  9.000 pengunjung. Semoga antusiasme ICI 2024 menjadi pertanda baik bahwa industri kosmetika di Indonesia akan semakin besar dan terus maju ke depannya,” ujar Rustam Suleman, Ketua Pelaksana ICI 2024.

Selain sebagai titik pertemuan para penggiat industri kosmetika di Indonesia, ICI 2024 juga menghadirkan berbagai kegiatan menarik seperti Zona Inovasi yang menampilkan bahan baku terkini termasuk bahan baku yang telah diekspor ke luar negeri; Lab Formulasi yang disediakan untuk beberapa supplier bahan baku sebagai sarana untuk mendemonstrasikan secara langsung formulasi kosmetik kepada pengunjung pameran yang terdaftar. ICI juga menyelenggarakan 26 seminar seputar industri kosmetika yang menghadirkan  pembicara dalam dan luar negeri. 

Direktur Pengawasan Kosmetik BPOM Irwan, S.Si, Apt,M.K.M, saat jumpa pers di JIEXPO Kemayoran pada Rabu (29/05/2024) mengatakan

“Selama lima tahun terakhir, industri kosmetika di Indonesia mengalami perkembangan pesat dan konsisten. Ini adalah berkat kerja sama dari seluruh pelaku industri untuk mendorong kemajuan industri dengan meningkatkan kualitas dan daya saing produk kosmetika tanah air, dengan tetap mengedepankan aspek keamanan, kemanfaatan dan mutu. BPOM terus mendukung kegiatan Indonesia Cosmetic Ingredients agar terus bisa memberikan manfaat dan bergerak bersama-sama untuk memberikan produk yang terbaik bagi konsumen Indonesia.“ ujarnya

Pada kesempatan ini, hadir pula para usahawan di industri kosmetika yang turut memberikan pandangannya terkait ICI 2024, 

“Acara seperti ICI sangat membuka kesempatan kepada kami para pengusaha bahan baku untuk dapat bertemu langsung dengan para pemilik brand, serta dapat menjalin hubungan kerja sama yang saling menguntungkan,“ ujar Listianawati Setio, Commercial Director, PT Merpati Mahardika. 

ICI merupakan wadah yang penting bagi pengusaha bahan baku, terutama  sebagai sarana untuk memperkenalkan bahan baku alami asli Indonesia yang berkualitas kepada para produsen kosmetika dan juga masyarakat Indonesia, demikian pandangan yang disampaikan oleh Putri Happy KC, Head of Marketing  PT Haldin Natural.

Dalam sesi yang sama, dr. Sari Chairunnisa, Sp. KK, Vice President of Research & Development, PT Paragon Technology and Innovation menanggapi positif penyelenggaraan ICI 2024.

“Pameran ICI 2024 merupakan one-stop shopping untuk produk bahan baku yang aman dan berkualitas, sehingga kami dapat terus menghasilkan produk-produk berkualitas bagi konsumen kami” ujarnya

PERKOSMI berharap bahwa melalui penyelenggaraan ICI 2024, pelaku industri kosmetika Indonesia dapat terus terkinikan dengan tren dan teknologi terbaru di dunia kosmetika, serta mampu memproduksi produk kosmetika yang inovatif, aman dan berstandar dunia.

“Kami bersemangat untuk terus dapat meningkatkan perkembangan industri kosmetika di Indonesia  dan memastikan  konsumen Indonesia bisa mendapatkan produk terbaik,” pungkas Sancoyo menutup sesi jumpa pers. (Adm/Ymn/Ant) 

Tinggalkan Balasan