Wakil Ketua DPRD Tapin Ajak Masyarakat Banjar Lestarikan Budaya Banjar

Spread the love

Jakarta, MED14 – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tapin, Hj. Mustika, menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan acara Halal Bi Halal dan silaturahmi yang diselenggarakan oleh Keluarga Besar Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Jabodetabek pada Sabtu (04/04/2024) di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta

“KBB ini adalah wadahnya untuk silaturahmi warga Banjar di perantauan. Paling tidak setahun sekali kita bisa saling mengenal dan bertukar informasi. Karena kita sama-sama orang Banjar. Jadi saya sangat mendukung acara ini. Itu juga diselenggarakan setiap setahun sekali, disini ada yang jadi Walikota, Kejaksaan dan berbagai macam profesi yang dijalani orang-orang Banjar perantauan,” ujar Mustika saat ditemui awak media usai acara.

Terkait program penyediaan lahan Alka untuk masyarakat Banjar, menurut Mustika hal tersebut sangat baik karena berkenaan dengan budaya Banjar yakni berziarah sangat memudahkan orang banua untuk berziarah, ditambah sekarang ini sebut Mustika banyak anak-anak muda yang berprestasi.

“Alka ini sangat bagus karena berkaitan dengan tradisi Banjar yaitu ziarah, sehingga budaya Banjar bisa tetap terjaga apalagi generasi muda sekarang ini kerudungnya juga sudah nasional dan banyak lagi cuma mungkin orang tidak tahu kalau itu orang dari Banjar, jadi dengan wadah seperti ini orang tahu apa itu Banjar dan budaya Banjar” ungkapnya

Terkait pembangunan IKN dan dampaknya bagi masyarakat Tapin, Hj. Mustika menyambut baik hal tersebut

“Kita sekarang ditempatkan sebagai daerah penyangga. Jadi untuk pengembangannya bisa melalui pengembangan daerah,” jelas Mustika.

Dia berharap dengan acara ini mengingatkan orang Banua sebutan bagi warga Banjar kembali mengingat bahwa dirinya sebagai orang Banjar. 

“Juga melestarikan budaya Banjar di daerah perantauan kita masih memegang erat budaya kita,” pungkas Mustika.

Mustika juga mengajak seluruh masyarakat Banjar untuk menjaga dan melestarikan budaya Banjar dimanapun Bubuhan Banjar berada. (Adm/Leo/Fd)

Tinggalkan Balasan