Gelar RUPST dan Pubeks 2023, PT. LCK Global Kedaton Tbk Optimis Jasa Konstruksi Telekomunikasi Melejit

Spread the love

Jakarta, MED14 – Sesuai dengan ketentuan dari PT. Bursa Efek Indonesia, Peraturan nomor : I-E Tentang kewajiban penyampaian informasi, PT. LCK GLOBAL KEDATON, TBK, pada Rabu, (26/06/2024),telah mengadakan RUPST 2023 dan Paparan Publik di Hotel Orchadz Industri Kemayoran  Jalan Industri Raya No. 8, Sawah Besar Jakarta Pusat 10720.

Dalam pemaparannya, sebagai Direksi Perseroan, Yopie Tribayu menjelaskan bahwa selama ini Perseroan aktif dalam menjalankan usahanya dan fokus pada bidang usaha Jasa Konstruksi Telekomunikasi di Indonesia.

Yopie yang hadir bersama Komisaris Utama, Lim Chin Kim dan Direktur Utama perseroan, Kenny Lim, juga menambahkan bahwa sesuai ruang lingkup kegiatan usaha Perseroan yang berkaitan dengan pekerjaan pembangunan Jasa Konstruksi Telekomunikasi, kegiatan usaha Perseroan mencakup beberapa bidang usaha antara lain :

1. SITAC

2. JASA PEMBANGUNAN MENARA BTS

3. MACRO GREENFIELD / ROOFTOP

4. STRENGTENING

5. RADIO INSTALLATION

6. COLLOCATION

7. RELOCATION BTS TOWER

8. SERVICE AND MAINTENANCE BTS TOWER

9. PEMBANGUNAN JARINGAN KABEL FIBER OPTIC

10. RELOCATION KABEL UDARA KE KABEL DALAM TANAH.

Saat ini, PT.LCK GLOBAL KEDATON, Tbk adalah sebagai pelaksana pekerjaan dari pihak penyedia tower provider dan jaringan fiber optik sebagai instansi pemberi pekerjaan.

Sejak tahun 2020, Perseroan telah menjalin kerjasama dalam kontrak payung jangka panjang dengan beberapa provider tower/jaringan FO  Provider antara lain :

1. PT. INTI BANGUN SEJAHTERA

2. PT. LASMANA SWASTI PRASIDHA

3. TRIVIEW GEOSPITAL MANDIRI

4. PT. FIBERHOME TECHNOLOGIES INDONESIA

5. YPTT LINKNET – HUAWEI INDONESIA (2024)

Lebih lanjut, Yopie juga menyampaikan keyakinan dan optimisme bahwa performa perseroan akan semakin meningkat pada masa mendatang. Hal ini menurutnya berkaitan erat dengan potensi atau Prospek usaha jasa telekomunikasi yaitu :

1. Industri telekomunikasi di Indonesia terus bergerak seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk serta meningkatnya jumlah pengguna telepon seluler pada beberapa tahun terakhir ini peningkatan jumlah pelanggan tersebut diikuti dengan bertambahnya jumlah operator seluler yang memasuki usaha industri nasional. 

2. Sektor informasi dan komunikasi erat hubungannya dengan usaha industri seluler dan pasar seluler pesatnya pertumbuhan industri telekomunikasi seluler didorong oleh perkembangan yang pesat dari pasar telepon seluler sektor informasi dan komunikasi adalah komunikasi yang krusial dalam kehidupan masyarakat telekomunikasi Telah menjadi kebutuhan primer masyarakat dengan menggunakan fasilitas telekomunikasi masyarakat mendapatkan kemudahan dalam menjalani berbagai aktivitas dalam kehidupannya.

3. Dengan adanya peningkatan penggunaan smartphone dengan tarif data yang terjangkau maka layanan pembayaran secara online semakin diminati oleh masyarakat luas contoh layanan seperti m-banking virtual accountry dan lain-lain sebagainya berkat peran operator seluler maka ekonomi digital di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat baik total nilai ekonomi digital yang berputar di Indonesia pernah mencatat mencapai lebih dari 4000 Triliun Rupiah dan mendatang tentunya akan bertambah besar lagi.

4. Saat ini layanan internet telah menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat luas di era digital ini kondisi ini turut mengangkat industri telekomunikasi termasuk dengan usaha penyediaan infrastruktur pendukung menara BTS dan pembangunan jaringan kabel secara optik di Indonesia.

5. Prospek bisnis pembangunan menara BTS dan juga pembangunan jaringan kabel serat optik baik melalui saluran udara aerial atau saluran bawah tanah Underground hal ini selaras dengan program transformasi digital teknologi jaringan 5G.

6. Saat ini perkembangan ekonomi disumbang oleh aktivitas ekonomi digital tanpa adanya dukungan industri telekomunikasi niscaya ekonomi digital tidak akan tumbuh sesuai harapan sehingga sumbangan industri telekomunikasi bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia sangat besar di kawasan ASEAN pertumbuhan ekonomi digital indonesia termasuk yang paling tinggi sehingga Pemerintah perlu menjaga pertumbuhan keberlangsungan industri telekomunikasi.

7. Permintaan akan kualitas jaringan internet yang baik bagi kebutuhan masyarakat luas menuntut para provider untuk lebih giat lagi dalam membangun sarana dan prasarana instalasi telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia. 

8. Hal ini menjadi angin segar bagi para pelaku usaha kontraktor jasa konstruksi telekomunikasi untuk berperan aktif dalam pembangunan infrastruktur pendukung telekomunikasi di Indonesia.

Untuk meningkatkan kinerja Perseroan, menurut Yopie, pihaknya telah menyiapkan 5 (lima) tahapan strategis yang diyakini akan mampu meningkatkan kinerja dan performa Perseroan, yaitu :

1. Menyiapkan SDM yang berkualitas yang dapat mengikuti perkembangan teknologi jasa konstruksi telekomunikasi di Indonesia.

2. Mengikutsertakan tim kerja dalam training-training kemampuan dan keterampilan sesuai perkembangan teknologi yang berlaku.

3. Mempersiapkan peralatan kerja secara lengkap untuk mendukung kinerja tim di lapangan.

4. Meningkatkan mutu kerja yang berkualitas sesuai standar nasional sehingga dapat memberikan kepuasan kepada para provider. 

5. Menjalin dan menjaga hubungan yang baik dengan para pihak provider maupun operator seluler.

Sebagai penutup sesi paparan publik, Yopie juga menyampaikan bahwa RUPST 2023 kali ini yang dilaksanakan mulai jam 10.11 WIB hingga jam 10.33 juga telah menyetujui, memutuskan dan mengesahkan sejumlah poin penting bagi masa depan Perseroan yaitu :

1. Persetujuan dan pengesahan atas Laporan Tahunan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023, yang antara lain memuat Laporan Keuangan Perseroan, termasuk di dalamnya Neraca dan Perhitungan Laba Rugi Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023, dan Laporan tugas pengawasan Dewan Komisaris, Laporan Tahunan Direksi serta memberikan pembebasan dan pelunasan sepenuhnya (acquit et de charge) kepada seluruh anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas pengurusan dan pengawasan Perseroan untuk tahun buku 2023. Serta menyetujui untuk tidak membagikan deviden tunai kepada pemegang saham dan keuntungan Perusahaan akan dijadikan modal kerja untuk tahun buku 2024.

2. Pemberian wewenang kepada Dewan Komisaris Perseroan dengan dibantu Komite Audit untuk  menunjuk Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik untuk mengaudit atas buku-buku Perseroan untuk Tahun Buku yang akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2024 sekaligus memberikan kuasa kepada Direksi Perseroan untuk menetapkan honorarium dan persyaratan-persyaratan lain sehubungan dengan penunjukan Kantor Akuntan Publik tersebut.”

3. Menyetujui penetapan Gaji dan/atau honorarium dan/atau remunerasi dan/atau tunjangan lainnya bagi masing-masing anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris Perseroan serta pemberian wewenang dan kuasa kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk menetapkan gaji dan/atau honorarium dan/atau remunerasi dan/atau tunjangan lainnya bagi masing-masing anggota Direksi Perseroan dan Dewan Komisaris untuk tahun buku 2024.

Profil Singkat Perseroan. 

Pada awal pendiriannya, yaitu pada tanggal 31 Juli 2013, bernama PT.GLOBAL KEDATON TEKNOLOGI, kemudian pada tahun 2015 berganti menjadi PT. Global Kedaton dan pada 16 Januari 2018 perseroan berhasil mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia dan namanya berubah menjadi PT. LCK GLOBAL KEDATON, Tbk dan resmi menjadi perusahaan terbuka. (Adm/DAS) 

Tinggalkan Balasan